Cara Memulai Bisnis Atau Jualan Dengan Toko Online

Kegiatan jual beli secara online melalui perantara media internet atau biasa disebut dengan ecommerce saat ini memang berkembang cukup pesat di Indonesia. Hal tersebut tentu membuka peluang usaha bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan bisnis online terutama melalui usaha membuka toko online.

Cara Membuat Toko Online Bisnis

Bagi Anda yang ingin memulai usaha toko online, ada baiknya mengetahui beberapa hal penting seputar online shop, seperti contohnya jenis barang apa saja yang biasa dijual melalui online dan punya pasar atau pembeli yang ramai, bagaimana metode atau cara penjualannya dan sebagainya. Hal tersebut mudah dimulai dengan banyak membaca dan interaksi langsung dengan toko online di Internet.

Membuat toko online sendiri setidaknya minimal harus faham atau mengerti sedikit banyak tentang platform atau media untuk membuat website toko online, ada banyak pilihan pembuatan toko online di internet yang bisa dipilih dari mulai gratisan sampai yang berbayar, dan berikut ini adalah beberapa langkah mudah memuali bisnis dengan jualan di toko online.

Persiapan Barang/Produk

Langkah paling awal adalah mempersiapkan produk atau barang apa yang akan dijual / dipasarkan di toko online nanti. Tidak semua barang bisa dipasarkan melalui internet, dalam artian ada beberapa jenis barang yang cocok dijual secara online (baca disini: Jenis Produk atau Barang Untuk Online Store). Jika Anda tidak memiliki produk buatan sendiri, namun ingin mencoba memulai usaha jualan online mungkin bisa dicoba terlebih dahulu menjadi Reseller dan Dropship yang tidak memerlukan stock barang.

Menentukan Platform Toko Online

Ada banyak platform untuk membuat situs toko online baik yang gratis atau berbayar (melalui jasa pembuatan toko online). Jika Anda ingin membuat website toko online dengan minim biaya atau hemat, platform blogger sangat disarankan karena memiliki beberapa kelebihan cukup baik untuk menjalankan toko online, diantarnya mudah dibuat, mudah dioperasikan, gratis hosting, gratis ssl certificate dan masih banyak lagi fitur yang bisa diintregasikan untuk kebutuhan toko online. Blog 5 Source juga menyedikan jasa pembuatan Toko online, silahkan hubungi atau kontak Admin disini.

Mengoperasikan Toko Online

Setelah menentukan platform untuk toko online, dilanjutkan dengan tahap operasional. Langkah awal tentu saja dimulai dengan pemilihan nama toko online yang disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Setelah itu mengatur tampilan toko online termasuk fitur-fitur seperti alamat kontak, gateway untuk pembelian produk, gambar-gambar produk, artikel produk, pelayanan costumer dan lain sebagainya.

Promosi Toko Online

SEO marketing adalah salah satu strategi promosi jangka panjang yang cukup baik dalam meningkatkan jumlah pembeli di toko Anda. Dalam hal ini Anda harus bisa mengoptimalkan fungsi mesin pencarian seperti Google , Bing , Yahoo dan lain-lain sebagai mesin penghubung antara orang yang sedang membutuhkan barang dengan toko online yang menyediakan barang. Selain belajar menerapkan SEO marketing, promosi toko online juga bisa melalui jasa periklanan seperti google adsense, iklan baris, iklan di halaman situs besar juga bisa mempromosikan toko online melalui sosial media yang tentu saja sudah terhubung dengan toko online Anda.

Evaluasi Hasil

Tahap akhir adalah mengevaluasi keseluruhan rancangan dan kinerja toko online yang sudah dibuat. Perhatikan kepuasan pelanggan terhadap pembelian produk, seberapa cepat dan efektif dalam pengiriman produk (Jne, Pos, Tiki dll), apa kendala yang menghabat perkembangan toko online, juga termasuk maintenance atau pemeliharaan toko online yang sudah dibuat.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.