5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Punya kulit wajah bersih putih mulus adalah dambaan setiap orang. Namun kadang banyak masalah di seputar area kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan bahkan tidak sedikit yang mengalami gangguan kesehatan kulit wajah cukup serius alias terkena penyakit kulit wajah.

5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Masalah kulit paling umum terjadi pada setiap orang adalah jerawat, pori-pori besar, kulit kering, kulit kusam dan kulit yang sensitif terhadap sinar matahari. Sedangkan penyakit diseputar kulit wajah contohnya seperti jerawat batu, eksim, hives, impetigo, melanoma, psosiaris, kulit ruam, rocasea sampai kanker kulit wajah.

Supaya terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada kulit wajah, perawatan wajah sangat penting dilakukan oleh siapapun. Namun jika saat ini Anda sudah terkena masalah kulit wajah seperti di atas langkah awal yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis kulit Anda sendiri, karena setiap orang memiliki jenis kulit berbeda-beda. Secara umum jenis kulit dibagai menjadi seperti berikut:
  • Jenis kulit normal, dengan ciri-ciri: tidak bernyimak, tidak kering, segar dan tidak berjerawat.
  • Jenis kulit kering, dengan ciri-ciri: terlihat kering, pori-pori halus, kulit muka tipis dan sensitive (perasa) sekali serta cepat berkerut karena kelenjar minyak kurang aktif bekerja.
  • Jenis kulit berminyak, dengan ciri-ciri: pori-pori kulit besar, tampak berkilat dan sering ditumbuhi jerawat.
  • Jenis kulit kombinasi, dengan ciri-ciri sebagai berikut : sebagian muka berminyak seperti dahi, hidung, dagu, yang sering disebut dengan daerah T. Sebagian lagi kering, biasanya dibawah muka dan bagian lainnya.
Jadi, dengan mengetahui jenis kulit tersebut di atas, akan membantu perawatan atau pengobatan yang tepat terhadap masalah kulit wajah yang sedang Anda alami.

Para ahli dermatologi atau yang ahli dalam bidang masalah perawatan kulit, menyarankan agar perawatan kulit wajah tidak hanya dilakukan dibagian luar, namun harus seimbang dengan perawatan bagian dalam tubuh. Berikut ini adalah 5 cara mudah menjaga kesehatan kulit wajah:

Mencuci / Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah secara rutin minimal 3 kali sehari untuk kulit normal dan 4 kali untuk jenis kulit lainnya. Jika Anda memakai pembersih wajah, sebaiknya gunakan produk pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit yang dimiliki, setiap pagi dan malam, atau setiap kali keluar dari rumah. Pembersih wajah yang mengandung alkohol dan pewangi bisa memicu iritasi pada kulit jadi sangat tidak dianjurkan memakai yang mengandung 2 unsur tersebut.

Gunakan Pelembab / Masker

Banyak produk krim pelembab yang bagus untuk nutrisi kulit wajah terutama untuk jenis kulit kering. Selain itu pelembab wajah juga cukup membantu kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam. Sedangkan masker adalah alternatif lain yang dianjurkan agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar. Gunakan masker wajah minimal 2 kali dalam seminggu, dan tentu saja dengan bahan masker yang sudah dianjurkan dan tidak berbahaya untuk kulit contohnya madu, mentimun, jeruk nipis dan sebagainya.

Gunakan Kosmetik Organik dan Mineral

Khusus untuk wanita yang pasti sebagian besar butuh kosmetik untuk makeup, sangat dianjurkan memakai kosmetik dari bahan alami. Saat ini banyak produk kosmetik terbuat dari bahan-bahan alami atau yang tidak mengandung bahan kimia. Seperti kosmetik berbahan dasar organik dan mineral. Apalagi jika wajah Anda sensitif dan berjerawat sebaiknya beralihlah ke produk kosmetik alami yang tidak ada efek samping dan aman untuk kulit wajah.

Minum Air Putih / Vitamin E

Air putih akan membantu membuang racun dan sisa zat di dalam tubuh sekaligus menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit. Secara alami, air putih akan membuat kulit tampak cerah, sehat dan segar. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas perhari agar agar kulit wajah tetap terlihat cerah dan segar. Selain air putih konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Olahraga / Tidur Cukup Waktu

Olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuh pun akan terbebas dari berbagai penyakit. Selain itu istirahatkan tubuh secukupnya karena kurang tidur tidak hanya membuat Anda bisa mengantuk seharian, cepat marah, metabolisme terganggu dan kurang konsentrasi, tapi juga membuat kulit kusam dan cepat keriput/menua.

Itulah 5 cara atau opsi mudah untuk menjaga, merawat kesehatan kulit wajah yang sudah banyak dianjurkan oleh para ahli. Selain beberapa opsi tersebut di atas, konsultasikan ke dokter spesialis kulit jika saat ini Anda mengalami masalah kulit wajah yang cukup serius, agar segera bisa diatasi atau diobati.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.