Langkah Awal Memulai Bisnis Afiliasi Dari Toko Online

Bisnis Afiliasi adalah bagian dari bisnis online yang bisa dijalankan di rumah dengan santai. Secara sederhana, bisnis afiliasi merupakan marketing penjualan yang berbasis komisi. Bisnis ini sering kali digunakan perusahaan-perusahaan besar yang menawarkan pekerjaan kepada konsumen berupa kerja marketing atau pemasaran melalui internet.

Langkah Awal Memulai Bisnis Afiliasi Dari Toko Online

Bisnis afiliasi cocok untuk Anda yang sudah mempunyai blog sendiri tapi belum punya produk yang ingin dijual, dengan mengikuti program afiliasi kita bisa menjual produk orang lain atau bahasa kerennya affiliate marketer. Produk yang dijual bisa dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk digital. Anda bisa menentukan produk seperti apa yang paling relevan dengan blog atau bahkan membuat satu niche (bahasan khusus untuk produk tertentu)

Toko online saat ini berkembang sangat pesat, beberapa marketplace besar jadi lahan atau peluang untuk memulai bisnis afiliasi dengan atau bahkan tanpa modal sekalipun, hanya dibutuhkan perangkat online dan tentunya koneksi internet.

Bagaimana memulai bisnis afiliasi yang tentu hasilnya bisa menguntungkan? memang memerlukan ketekunan dalam menjalankan afiliasi, namun jika dijalani dengan sabar dan pintar menangkap peluang, bisnis ini bisa jadi menguntungkan atau menambah penghasilan Anda.

1. Membuat Blog atau Website untuk afiliasi

Blog atau website adalah salah satu bagian promosi jangka panjang untuk bisnis afiliasi, dengan membuat blog atau web sebagai sarana promosi akan memudahkan Anda mengatur, memilih dan mempublikasikan produk-produk yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Ada dua opsi untuk membuat blog afiliasi yaitu dengan gratisan seperti blogger, wordpress dan lainnya. Atau berbayar khusus blog yang dibuat untuk program afiliasi.

2. Mendaftar program afiliasi toko online

Program afiliasi toko online banyak bertebaran di internet, pilih yang sesuai dengan tema atau isi blog yang sudah dibuat tadi. Untuk marketplace saat ini yang paling banyak dan mudah dijalankan contohnya seperti afiliasi Lazada, Bukalapak, Mataharimall, JD ID dan sejenisnya. Sedangkan untuk jenis afiliasi berbasis umum (toko online) bisa dicoba seperti Accesstrade.

3. Membuat konten promosi

Banyak orang gagal dalam menjalankan program afiliasi adalah karena tidak memperhatikan konten untuk promosi. Mengambil banner promosi lalu dipasang diblog memang bisa membantu promosi namun jangan harap mendapatkan klik atau mendapatkan hasil penjualan yang banyak. Jadi konten untuk promosi adalah penting. Buatlah konten unik dan menarik pengunjung untuk membacanya, tentu melalui tahap yang bagus seperti:
  • Melihat trend produk yang sedang banyak diminati
  • Konten fresh / unik (bukan copy paste)
  • Menampilkan review produk yang fair dan harga 
  • Sertakan kupon atau kode promo (diskon) dari Toko Online yang bersangkutan

4. Promosi Blog dan Konten

Blog yang sudah dibuat atau konten/artikel produk tentu harus dipromosikan agar lebih cepat mendatangkan pengunjung. Promosikan URL blog dan juga konten promosi diberbagai jejaring atau media sosial seperti facebook, twitter, google plus, instagram, pinterest dan sejenisnya. Jika mempunyai dana lebih Anda bisa langsung mempromosikan melalui jasa periklanan contohnya Google Adwords. Namun ingat untuk hasil yang bagus dan supaya blog atau website tidak di cap sebagai spam blog, jangan promosi link berlebihan.

5. Menerapkan Optimasi Blog dan Konten untuk SEO

Blog atau konten promosi yang sudah dibuat tentu harus tampil di berbagai mesin pencarian (Google, Bing, Yandex dll) untuk mendatangkan pengunjung/pembaca. Hal ini berhubungan dengan optimasi SEO. Ada banyak panduan dan artikel SEO dari para webmaster di Internet, Anda bisa sambil mempelajarinya dengan santai, karena prinsip utama dari SEO dari dulu adalah "Konten unik" sehebat apapun optimasi SEO yang diterapkan jika konten adalah hasil copy paste bisa dipastikan zonk alias tidak akan bersaing di mesin pencarian. 

Bisnis afiliasi memang gampang-gampang susah, bisnis ini tidak cocok untuk Anda yang mudah bosan atau ingin cepat menghasilkan uang, karena bisnis afiliasi adalah bisnis komisi yang harus dijalankan dengan benar-benar matang. Meski banyak bertebaran di internet cara mudah bisnis afiliasi, tapi tidak semudah itu dalam mengejar hasilnya. Daftarnya memang mudah tapi cara menghasilkannya itu yang harus memerlukan kesabaran dan juga kreatifitas menjaring konsumen sebanyak-banyaknya untuk bisnis online afiliasi.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.