Manfaat Yang Bisa Diambil Dari Gaya Hidup Digital

Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju sangat mempengaruhi perilaku atau gaya hidup masyarakat modern saat ini. Perangkat digital saat ini sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat baik itu yang berada di kota besar, kecil bahkan di perdesaan contoh yang paling jelas adalah handphone atau telepon seluler.

Manfaat Yang Bisa Diambil Dari Gaya Hidup Digital

Tidak bisa dipungkiri saat ini dunia digital memang banyak memberikan manfaat besar, namun tetap saja gaya hidup digital ini memiliki banyak dampak negatif apabila kita tidak bisa mengontrolnya atau menyikapinya secara bijaksana. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diambil dari gaya hidup digital zaman sekarang.

Untuk Hiburan

Berbagai macam perangkat digital menyediakan hiburanyang hampir tanpa batas. Mendengarkan musik, menonton program televisi, film terbaru, atau sekedar bermain game tersedia di ujung jari. Bisa ditonton di ruang keluarga, hingga mobile apps . Kehadiran layanan televisi berbasis internet (IPTV) menjadi bentuk televisi masa depan karena sifatnya yang personal dan interaktif.

Konsep hiburan digital adalah "broadcast yourself", artinya Anda bebas menentukan apa yang ingin ditonton sesuai kebutuhan, selain itu juga hiburan di dunia digital bisa lebih hemat alias tidak perlu keluar biaya untuk ke tempat-tempat hiburan. Namun tetap saja Anda harus bisa mengontrolnya dengan bijak, jangan sampai waktu habis terbuang sia-sia hanya gara-gara nonton film atau main game seharian.

Untuk pembelajaran (Edukasi)

Gaya hidup digital harus menjadikan semangat atau upaya konstan untuk terus menerus mengedukasi diri sendiri. Karena akses informasi terbuka lebar dan dapat diakses kapan saja lewat laptop atau smartphone tanpa harus meninggalkan rumah. Contohnya adalah E-learning atau kursus online yang bisa diikuti kapanpun dan dimanapun.

Jadi dengan hadirnya era digital seperti sekarang ini bisa dijadikan sarana bagaimana mencari konten edukasi atau e-learning yang benar-benar bermanfaat sehingga semakin memperluas wawasan atau bahkan mendapatkan ilmu baru yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Membantu Pekerjaan

Banyak keluarga di perkotaan memilih gaya hidup digital untuk menjaga keseimbangan lebih baik antara kehidupan profesional dan keluarga. Bekerja tidak lagi harus menempuh jalanan macet di kantor hingga berjamjam atau terpaku di meja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Teknologi digital memungkinkan bekerja dapat dilakukan di mana saja secara remote dengan waktu yang fleksibel.

Bekerja tanpa harus ke kantor mampu menghemat biaya transportasi, juga memungkinkan pekerja lebih produktif dan mendapat waktu lebih banyak untuk keluarga.

Membuka peluang usaha

Bagi keluarga, teknologi juga berperan vital untuk memanajemen kebutuhan rumah tangga lewat internet banking , belanja online , hingga membayar berbagai tagihan yang dapat dilakukan lewat aplikasi mobile.

Dari point yang sudah disampaikan di atas, era digital selain membantu pekerjaan juga bisa membuka peluang usaha. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk membuka usaha yang dipasarkan secara online. Bahkan saat ini berbagai perusahaan besar juga sudah mulai membuka usaha digital.

Komunikasi

Teknologi digital memudahkan individu atau keluarga untuk tetap terhubung terlepas seberapa sibuk jadwal mereka. Sebab, mengirim pesan instan, berkomunikasi lewat video (video call ), atau status sosial media memungkinkan seseorang selalu terhubung dengan teman dan keluarga.

Komunikasi hanya dibatasi ujung jari karena begitu mudah dan murah. Di sekolah, orang tua juga dapat langsung memantau kegiatan putra-putri mereka lewat grup WhatsApp, situs resmi sekolah, atau malah sosial media pada hari itu juga, termasuk jika ada hal-hal yang darurat. ,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.