Perhatikan Hal Ini Sebelum Masuk Perguruan Tinggi

Bisa mengenyam pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi adalah sebuah "harapan" bagi siapa saja yang ingin memperoleh pendidikan maksimal. Namun terkadang kendala biaya jadi satu alasan paling banyak yang sering dikeluhkan karena mahalnya biaya kuliah saat ini. Belum lagi kemampuan otak atau cara berpikit yang kolot akibat kurangnya minat terhadap pendidikan sejak usia dini sampai dewasa.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Masuk Perguruan Tinggi

Meskipun fakta dilapangan saat ini, gelar yang diperoleh dari perguruan tinggi entah negeri atau swasta tidak menjamin 100% bisa memperoleh pekerjaan, namun menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah cara paling benar dan logis demi masa depan yang cerah nantinya. Setidaknya kemampuan otak atau cara berpikir akan lebih baik, maju dan mapan dari segi intelektualitas dan yang pasti memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Sebelum menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau melanjutkan kuliah, ada baiknya siswa dan orang tua (ikut membantu) mempertimbangkan hal-hal berikut ini yang mungkin bisa jadi sedikit bahan pertimbangan:

Kenali minat atau kemampuan pribadi

Sebelum memutuskan memilih kampus mana yang akan dimasuki atau jurusan apa yang akan ditempuh, kenali terlebih dahulu passion atau minat diri sendiri. Bidang apa yang paling disukai, atau pelajaran apa yang paling dikuasai dan menonjol saat di sekolah menengah/atas. Agar nantinya jadi evaluasi sebelum masuk ke perguruan tinggi, kumpulkan semua pelajaran yang paling disukai, pelajari kembali sampai benar-benar faham dan menguasai, serta ikuti tryout SNMPTN/SBMPTN di daerah setempat atau secara online.

Konsultasi dengan orang yang berpengalaman

Saat lulus sekolah, sebagian siswa pasti ada yang kebingungan harus apa dan begaimana. Ungkapkan kebingungan tersebut dengan berkonsultasi baik itu dengan guru bimbingan konseling, orang tua, dan kakak kelas, atau mahasiswa. Dengan banyak berkonsultasi kita bisa dapat bocoran pengalaman mereka memilih suatu jurusan sampai dengan prospek pekerjaan setelah lulus. Diharapkan dengan hal demikian bisa jadi bahan evaluasi lagi, menyesuaikan antara fakta pengalaman yang terjadi dengan kemampuan yang kita miliki.

Pilih jurusan kuliah yang tepat

Ada banyak jurusan kuliah di berbagai perguruan tinggi negeri dan swatsa. Setelah mengetahui minat, bakat, passion atau potensi diri pribadi akan semakin mudah memilih jurusan kuliah yang tepat. Pastikan beberapa pertanyaan ini sudah ada dibenak kita sehingga memudahkan memilih jurusan kuliah yang tepat:
  • Bidang apa yang saya minati?
  • Kualifikasi apa saja yang saya miliki?
  • Apa saja hobi saya?
  • Apakah cita-cita saya?
  • Apa saja peluang yang bisa didapat dari jurusan tersebut?

Siapkan kampus pilihan kedua (cadangan)

Kampus atau Universitas tidak dipungkiri masih kental dengan gengsi atau dijadikan kampus favorit oleh sebagian siswa. Bisa kuliah diperguruan tinggi negeri populer memang ada rasa kebanggaan tersendiri, namun perlu diingat menempuh pendidikan di perguruan tinggi bukan untuk main-main alias gaya-gayaan karena menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit, melainkan untuk masa depan dan menuntut ilmu. Jadi jangan terlalu mematok harus masuk kampus favorit, pastikan punya pilihan universitas kedua untuk cadangan jika gagal tes atau tidak lolos saat seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.

Pertimbangan biaya kuliah

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi sudah pasti menelan biaya yang tidak sedikit, apalagi saat ini dunia pendidikan dikotori oleh "oknum" yang mengarah ke ajang mencari keuntungan alias jadi lahan basah untuk mengeruk uang tanpa peduli kualitas pendidikan yang dihasilkan. Jadi harus benar-benar matang mempertimbangkan biaya kuliah, jika jurusan yang akan ditempuh tidak sebanding dengan dana yang tersedia tentu akan menghambat kuliah bahkan bisa menurunkan semangat belajar.

Meski saat ini untuk perguruan tinggi negeri, pemerintah sudah membuka program kredit pendidikan (kuliah) yang bekerja sama dengan bank dan juga program-program beasiswa, namun untuk memperolehnya tidak mudah tetap memerlukan syarat dan usaha maksimal. Jadi mempertimbangkan biaya kuliah adalah layak dan wajib sebelum masuk perguruan tinggi.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.