5 Jenis Investasi Yang Bisa Dijalankan Secara Online

Investasi secara sederhana adalah menyimpan uang untuk menghasilkan nilai lebih atau harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Sudah bukan rahasia lagi kenapa orang kaya jadi semakin kaya raya, salah satu kuncinya adalah dengan berinvestasi.

Banyak pilihan investasi yang bisa diikuti saat ini dengan bentuk aktiva yang bermacam-macam, ada yang jangka pendek maupun jangka panjang, berupa uang atau barang bahkan jasa. Jika Anda ingin berinvestasi, ada beberapa pilihan investasi yang bisa dijalankan secara online, di antaranya sebagai berikut:

5 Jenis Investasi Yang Bisa Dijalankan Secara Online

Investasi Reksadana

Reksadana online paling banyak diminati saat ini, alasan utamanya karena modal awal investasinya tidak banyak, hanya dengan Rp. 10.000 Anda sudah berinvestasi. Pengelolaa investasi reksadana biasanya ditanggung sepenuhnya oleh Manajer Investasi yang sudah mendapat izin dari otoritas jasa keungan tertinggi.

Untuk faktor keamanan juga baik, karena dana investasi reksadana dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal sebagai bank kustodian. Uang nasabah tersebut biasanya diinvestasikan ke dalam lusinan bahkan ratusan saham dan/atau obligasi, yang disebut sebagai “unit penyertaan.” Anda bisa mengurangi risiko secara otomatis karena tidak bergantung pada satu investasi saja.

Investasi Emas

Logam mulia atau emas adalah investasi klasik yang akan terus berkembang karena harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun. Anda tidak perlu datang ke toko emas untuk berinvestasi emas, saat ini investasi emas sudah bisa dijalankan secara online, aplikasinya sendiri dapat di download mudah melalui Google Play Store (Android) dan dikemas dalam interface yang cukup sistematis. Apabila rekening Anda telah mencukupi, Anda dapat mencetak logam mulia tersebut dengan kadar emas murni 999.9.

Aplikasi investasi emas tersedia tiga fitur utama, yaitu beli emas, jual emas, dan ambil emas. Seperti Reksadana di atas, Anda juga bisa mulai investasi dengan modal kecil, beli emas  mulai dari 0,02 gram, atau sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000. Harga emas ini tentu saja akan terus berubah mengikuti pergerakan emas dunia.

Investasi Saham

Menanam uang di pasar modal adalah salah satu investasi yang layak Anda coba. Investasi saham jadi semakin mudah bahkan bisa diikuti oleh orang awam sekalipun karena sudah banyak Bank-Bank di Indonesia yang membuka rekening saham online. Ada juga perusahaan yang khusus menyediakan platform atau aplikasi khusus smartphone untuk investasi saham. Selain cocok untuk jangka panjang, investasi saham juga tidak membutuhkan modal terlalu besar, dengan uang Rp. 100 - 500.000 saja Anda sudah bisa menjalankannya.

Inestasi P2P Fintech Lending

Jika di dunia online store ada marketplace maka di dunia bisnis investas juga ada istilah P2P Lending. Ini adalah salah satu istilah bisnis investasi yang sudah mulai berkembang di Indonesia. Bentuk investasi ini memang hanya ditawarkan dalam platform online. Anda bisa berinvestasi dengan menjadi investor untuk UKM di seluruh Indonesia, karena disini mempertemukan antara orang yang ingin meminjam dana dengan orang yang ingin menginvestasikan uangnya. Beberapa situs terpercaya yang menyediakan P2P Lending ini contohnya Koinwork, Amartha dan Investree.

Investasi Dollar

Terakhir adalah investasi mata uang asing atau Dollar. Saya tidak merekomendasikan Anda untuk bermain trading valas/uang virtual atau bahkan ikut gabung HYIP (High Yield Investment Program) yang bertebaran di Internet karena RESIKO kehilangan uang cukup besar. Namun jika Anda sudah mahir dan siap ambil resiko nya silahkan saja mengeruk dollar dari sana dan menabung keuntungannya.

Cara terbaik adalah dengan jual beli dollar langsung secara online, Anda bisa membuka rekening untuk menyimpan dollar contohnya seperti Google Wallet, Paypal, Payoneer, Skrill dan sejenisnya. Investasi dalam bentuk tabungan Dolar sebenarnya mudah dan praktis. Prinsip utamanya adalah belilah Dolar ketika nilainya turun dan menjualnya ketika nilainya naik.

Investasi online hadir dengan berbagai jenis pilihan. Agar tidak keliru, pilihlah investasi seperti apa yang benar-benar diinginkan. Investasi online juga dimotori seorang broker atau pengelola. Hanya broker dalam investasi ini tidak kelihatan wujudnya karena memang sistemnya yang tidak mendukung aktivitas bertatap muka antara broker dan investor.

Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui siapa calon broker yang akan mengelola dana yang diinvestasikan. Pastikan broker tersebut berasal dari perusahaan yang kredibel dan tentunya sudah berpengalaman di bidang pengelolaan dana investor agar dana yang diinvestasikan dikelola dengan baik.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.