Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh setiap orang terutama masyarakat modern saat ini. Hal tersebut bisa dimaklumi karena menurut beberapa pakar kesehatan, 90-95% kasusnya disebabkan faktor lingkungan termasuk gaya hidup masyarakat modern saat ini.

Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Penyakit Kanker

Bahan kimia adalah salah satu agent penyakit yang paling banyak ditemukan sebagai penyebab kanker, disusul radiasi ionisasi, infeksi, serta 5-10% adalah karena ketidakseimbangan metabolisme, hormonal serta faktor gen atau DNA (keturunan).

Jadi lingkungan dan gaya hidup ini harus benar-benar diperhatikan sebagai upaya pencegahan kanker. Menerapkan pola atau gaya hidup sehat adalah wajib untuk menghindari berbagai penyakit ganas, termasuk asupan makanan juga perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips sebagai upaya pencegahan penyakit kanker.

Stop dan Jauhi Rokok

Merokok merupakan faktor risiko kanker yang paling signifikan yang bisa kita kendalikan. Hal ini bertanggung jawab untuk tidak hanya kanker paru-paru tapi banyak jenis kanker non-paru lainnya.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko adalah berhenti merokok atau tidak pernah memulainya. Bahkan jika Anda tidak merokok, menghindari asap rokok adalah kunci untuk mengurangi risiko kanker.

Jangan berlebihan konsumsi daging merah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak hewani meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar. Dan sementara asupan daging merah yang tinggi menjadi perhatian, daging kemasan dan olahan bahkan berisiko lebih besar

Moderasi adalah kunci dalam hal asupan makanan ini, namun perhatikan juga bagaimana Anda mempersiapkannya.

Cek paparan radon di rumah

Radon adalah gas tanpa bau dan tidak berwarna yang dilepaskan dari pembusukan uranium yang normal. Gas radon di dalam rumah terutama berasal dari tanah, dinding, lantai, langit-langit dan bahan-bahan lain di dalam rumah yang berasal dari perut bumi.

Paparan radon di rumah adalah sesuatu yang sering kita tidak pikirkan, padahal zat radioaktif ini merupakan penyebab utama kedua kematian akibat kanker di Amerika Serikat dan penyebab utama kanker paru-paru di kalangan non-perokok (terhitung 23.000 kematian setiap tahunnya).

Usahakan konsumsi buah-buahan

Diet yang kaya buah dan sayuran sangat mengurangi risiko terkena penyakit tidak hanya kanker tapi penyakit jantung, diabetes dan penyakit mematikan lainnya. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki sel yang rusak.

Dari jumlah tersebut, sayuran dan buah cruciferous mengandung banyak vitamin, serat dan fitokimia yang baik dalam melawan penyakit. Selain berry, pilihan utama adalah brokoli, kangkung, kol, lobak dan rutabaga.

Perhatikan paparan sinar Matahari

Banyak orang didiagnosis menderita kanker kulit setiap tahunnya. Langkah pertama dalam mencegah kanker kulit adalah menghindari paparan sinar ultraviolet (UV). Kita bisa melakukan ini dengan menggunakan tabir surya, menghindari paparan sinar matahari pada tengah hari dan menggunakan pakaian pelindung saat berada di luar rumah.

Penting juga diingat bahwa kanker kulit bisa berkembang di bagian tubuh yang tidak pernah melihat sinar matahari.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.