Tips Memilih Televisi atau Smart TV Untuk Keluarga

Semakin maju teknologi, semakin banyak menghadirkan berbagai inovasi, termasuk juga pada Televisi. Meski sebagian orang sudah mulai beralih menggunakan gadget tangan untuk mengakses informasi dan hiburan, namun tetap Televisi masih menjadi media hiburan keluarga terpopuler saat ini. Apalagi, ada kemudahan mengakses jaringan TV kabel dan internet turut mendorong lahirnya berbagai inovasi TV.

Tips Memilih Televisi atau Smart TV Untuk Keluarga

Terlepas dari berbagai macam merek Smart TV dan harganya yang bervariasi, serta teknologi yang dibawanya semisal LCD, LED, Plasma atau OLED (Organic Light-Emitting Diode) berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin saja berguna bagi Anda yang saat ini sedang berencana akan membeli sebuah Televisi untuk keluarga.

Ukuran Televisi

Selain harga, ukuran TV biasanya hal pertama yang ditentukan sebelum membelinya. Usahakan ukuran TV bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan, karena nantinya akan berkaitan dengan kenyamanan saat menonton bersama dengan anggota keluarga. Tentunya, jarak pandang saat menonton TV juga harus disesuaikan untuk kenyamanan saat menonton. Usahakan agar tak terlalu dekat atau bahkan tak terlalu jauh. Berikut adalah ukuran jarak pandang yang bisa disesuaikan:
  • 1,5 hingga 2 meter : TV 32 - 39 inch
  • 2 hingga 2,5 meter : TV 40 - 45 inch
  • 2,5 hingga 3 meter : TV 46 - 55 inch
  • 3 meter : TV 56 inch atau lebih

Kualitas Layar

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah jenis layarnya. Saat ini sudah banyak tersedia televisi berukuran besar dengan jenis layar LED dan OLED. Secara umum OLED menyajikan gambar yang lebih baik. Saat ini yang paling dominan adalah kualitas layar HD dan 4K. Kedua istilah ini mengacu kepada resolusi layar sebuah TV yang mempengaruhi kualitas ketajaman gambar yang ditampilkan. Sekarang rata-rata Smart TV yang bagus dan awet memiliki ukuran layar 27-32 inci sudah memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel (Full HD), dengan begitu Anda sudah bisa menonton televisi dengan kualitas tinggi.

Konektivitas

Televisi sekarang memiliki kelengkapan atau konektivitas lain yang bisa digunakan untuk bermain game, dijadikan monitor komputer, melakukan video chat, atau bisa juga menjadi smart TV (TV Pintar). Karenanya, perhatikan konektivitas yang dimilikinya. Ada saran bagi Anda dalam memilih TV yang bagus dan awet yaitu pilihlah TV yang memiliki fitur konektivitas baik, seperti sebuah port USB, I/O RCA, HDMI, dan yang lainnya. Minimal pastikan TV tersebut memiliki paling sedikit 2 atau lebih port HDMI 2.0 atau 2.0a, HDCP 2.2 dan HEVC decoding.

Desain

Meski kualitas gambar merupakan syarat utama dalam memilih sebuah televisi, faktor desain juga punya peran yang tidak kalah penting, dalam hal ini Anda bisa mempertimbangkan desain TV yang pas untuk ruangan rumah. Contohnya TV model compact tidak akan memakan tempat, ringan dan bisa dengan mudah dipindahkan ke ruangan mana saja. Dengan desain TV yang bagus, juga akan menambah estetika rumah.

Hemat energi

Yang terakhir juga layak dipertimbangkan adalah pemakaian daya. Pemakaian konsumsi daya listrik juga harus masuk dalam kriteria sebelum Anda membeli TV. Semua fitur canggih yang dimiliki Smart TV tentu terasa makin sempurna saat dilengkapi teknologi yang dapat hemat energi. Saat ini beberapa merek TV ternama seperti Samsung, LG, Sony, Sharp, Panasonic dan lainnya sudah banyak mengeluarkan produk TV yang dibekali teknologi ECO mode yang bisa membantu menghemat listrik hingga 50 kali lebih irit.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.