Jenis Penginapan Untuk Perjalanan Wisata atau Traveling

Saat perjalanan wisata atau traveling terutama ke tempat tujuan yang jaraknya jauh pasti membutuhkan penginapan untuk istirahat atau dijadikan basecamp selama berwisata. Pilihan penginapan tersebut tentu disesuaikan dengan kebutuhan apakah untuk pribadi, keluarga atau beramai-ramai alias kelompok wisata.

Hotel mungkin sudah sangat familiar atau umum dipakai sebagai penginapan, beberapa di antaranya memiliki sebutan yang khas seperti chain hotel, boutique hotel, apart hotel, capsule hotel, budget hotel dan sebagainya, serta masing-masing jenis hotel tersebut memiliki pangsanya sendiri.

Jenis Penginapan Untuk Perjalanan Wisata atau Traveling

Namun selain Hotel ada beberapa tipe atau jenis penginapan lain yang bisa dipakai saat traveling, seperti 5 penginapan berikut ini:

Guest house

Jenis penginapan yang dijalankan oleh orang pribadi, serta bersifat lebih kekeluargaan dan sederhana. Penginapan ini ibarat Anda sedang menginap di rumah teman. Standar tempat tidur dan sarapan ala hotel pun jarang ditemui dalam sebuah guesthouse. Akan tetapi, Anda memiliki kesempatan untuk tinggal bersama pemilik, serta mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih utuh, karena bisa merasakan hidup ala warga lokal. Traveler yang menginginkan ketenangan dan pengalama menyatu dengan masyarakat sekitar, guest house bisa menjadi pilihan untuk diinapi.

Hostel

Istilah hostel sangat populer di kalangan solo traveler maupun budget traveler muda karena harganya yang tergolong lebih murah. Ini adalah penginapan dengan konsep asrama beranjang susun. Biasanya, hostel menyediakan kamar tipe asrama dengan bunk bed yang bisa diisi mulai dari empat hingga dua puluh orang, serta fasilitas loker dan kamar mandi dalam jumlah banyak. Selain itu, hostel menyediakan ruang komunal dan dapur untuk dipergunakan seluruh tamu, sekaligus sebagai tempat untuk bersosialisasi. Walaupun kebanyakan diisi traveler muda, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan bertemu wisatawan lanjut usia, karena pada dasarnya, hostel tidak memiliki batasan umur.

Homestay

Umumnya hampir sama dengan Guest house, jika memilih penginapan ini, maka laksana berada di rumah sendiri. Pasalnya yang disewakan adalah rumah pribadi dan tidak dibatasi jumlah tamu yang akan menginap. Bagi traveler yang berlibur beramai-ramai, homestay bisa menjadi pilihan

Villa

Penginapan ini biasanya luas dan mewah. Rata-rata berada di daerah puncak, pantai ataupun pinggiran atau bersifat lebih private dan jauh dari keramaian. Villa biasanya berbentuk rumah dengan satu kamar atau lebih, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan juga dilengkapi kolam renang. Villa biasanya cocok ditinggali oleh keluarga ataupun kelompok pertemanan dalam jumlah besar, yang ingin menghabiskan banyak waktu bersama dan menjalin keakraban antara satu dengan yang lainnya.

Resort

Penginapan ini memiliki standar layaknya hotel, tapi resort lebih mengutamakan fasilitas rekreasi bagi para tamunya. Biasanya, resort terletak di lokasi yang sangat strategis, seperti pantai ataupun pegunungan, dan menawarkan fasilitas yang sangat banyak dan lengkap. Karena fasilitas yang mewah serta lokasi yang strategis, maka tak heran jika harga resort pun cenderung lebih mahal, bahkan ketimbang hotel bintang lima sekalipun. Tamu yang biasa dijumpai di resort adalah keluarga beranak dua ataupun pasangan lanjut usia yang ingin relaksasi dan menikmati hidup.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.