Tips Menurunkan Berat Badan Tubuh Untuk Kesehatan

Mempunyai kelebihan berat badan tentu akan mengganggu aktifitas sehari-hari, mengurangi keindahan penampilan tubuh dan paling riskan adalah beresiko atau bisa terkena berbagai penyakit seperti obesitas, kanker, penyakit jantung, osteoarthritis, diabetes dan penyakit lainnya yang disebabkan kelebihan berat badan (obese).

Cara Menurunkan Berat Badan Tubuh Untuk Kesehatan

Ada banyak tips dan artikel seputar cara menurunkan berat badan, sampai pada berat ideal yang mungkin bisa diikuti atau dipraktekan. Paling banyak ditemukan adalah anjuran diet dan olahraga. Namun Anda harus berhati-hati dalam menjalankannya, terutama untuk diet makanan, karena bisa jadi diet yang tidak sesuai atau salah kaprah malah semakin memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang diet menurunkan berat badan, cek testimoni atau pengalaman hasil terapi nya dari orang lain, sehingga bisa mengetahui dampak baik dan buruknya. Lebih utama lagi berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter yang lebih kompeten mengetahui masalah diet yang sehat dan bisa menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara mudah untuk menurunkan berat badan tubuh yang bisa Anda coba:

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi

Buah, sayuran dan kacang-kacangan dapat menjaga tubuh dari kelebihan berat badan, karena makanan tersebut kaya akan protein dan memiliki kalori yang rendah. Penelitian menunjukkan bahwa dengan menambah menu serat ke dalam menu makanan adalah salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan.

Mengurangi makanan mengandung Gula

Gula memang campuran zat pemanis yang hampir disemua makanan ada. Kebanyakan orang mengonsumsi gula lebih dari 19 sendok teh per hari jauh dari batas yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan yaitu 6 sendok teh untuk perempuan dan 9 sendok teh untuk laki-laki. Cara untuk mengurangi konsumsi gula adalah dengan mengurangi makanan yang memiliki karbohidrat yang tinggi, sirup manis dan minuman bersoda. Sebab, makanan dan minuman tersebut dapat memberikan pengaruh besar pada berat badan tubuh.

Perbanyak makan Sayuran

Sayuran seperti brokoli, kentang, wortel dan bayam memiliki peran yang sangat besar dalam setiap program diet yang ada. Sayuran dapat membuat tubuh merasa kenyang dengan sedikit kalori di dalamnya. Tak hanya itu, sayuran juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa penyakit kanker. Selain sayuran beberapa jenis makanan ini juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan tubuh, diantaranya adalah Kentang, Alpukat, Selai Kacang, Kacang Pistachio dan Pasta.

Perhatikan pola atau cara makan

Jika ingin mengurangi berat badan bukan mengurangi frekuensi makan, melainkan dengan cara mengurangi porsi makan, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetaplah dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil. Minum air sebanyak 2 gelas sebelum makan agar merasa lebih kenyang saat makan. Minum air adalah cara lain untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Juga disarankan untuk menghindari makan lebih dari jam 6 sore, jika memang ingin makan malam, jangan langsung pergi tidur setelah makan.

Olahraga atau aktif bergerak

Meski Anda sudah mengurangi kalori, tapi kalau jarang aktifitas atau tidak bergerak, menurunnya bobot tubuh akan lebih sulit. Maka dari itu, biarkan tubuh Anda bergerak aktif agar dapat membuat tubuh membakar kalori secara stabil. Anda bisa mencoba dengan langkah kecil seperti berjalan ke warung di depan komplek, atau memilih naik tangga ke dibanding naik lift ke lantai tempat kantor Anda berada. Jika ingin berolahraga cobalah beberapa jenis olahraga seperti Sit-up atau push-up, yoga, cardio atau Interval Training.

Itulah beberapa tips atau cara untuk menurunkan berat badan tubuh agar terhindar dari kegemukan. Untuk mengukur apakah berat badan sudah ideal atau belum, bisa dihitung sendiri dengan rumus Body Mass Index (BMI), rumusnya adalah:
Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m²). 
Untuk ukuran normal weight standar dari WHO adalah antara 18.50 - 24.99 kg/m²,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.