Perangkat CCTV Untuk Keamanan Rumah

Closed Circuit Television atau disingkat CCTV adalah sebuah perangkat rekaman video yang digunakan untuk keperluan pengawasan keamanan baik di gedung-gedung Pemerintah, Bank, pusat perbelanjaan seperti mall atau toko, hotel, jalan raya bahkan rumah pribadi. Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi, perangkat CCTV saat ini dapat dioperasikan maupun dikontrol melalui Personal Computer atau Telephone genggam, serta dapat dimonitor dari mana saja dan kapan saja selama ada komunikasi dengan internet maupun akses GPRS.

Perangkat CCTV Untuk Keamanan Rumah

Bagi Anda yang memerlukan pengawasan rumah pribadi demi keamanan dan kenyamanan, memasang CCTV adalah solusi terbaik saat rumah ditinggalkan atau dalam keadaan kosong. Dengan demikian semua aktifitas yang terjadi di rumah, bisa terpantau tanpa harus repot menggunakan jasa orang untuk menjaga rumah.

Harga CCTV saat ini juga bervariasi ada yang murah bahkan mahal tergantung kualitas rekaman video yang dihasilkan juga cara mengoperasikannya. Namun sebagian besar perangkat CCTV adalah sebagai berikut:

Kamera

Kamera CCTV ada banyak jenis atau type nya seperti contohnya jenis dome, bullet, Ptz, box, board dan lain-lain, namun secara umum dibagai menjadi 2 type yaitu:
  1. Kamera Analog - Jenis kamera CCTV analog dapat merekam langsung sinyal analog sebagai gambar ke video tape recorder. Sinyal analog juga dapat dikonversi menjadi sinyal digital untuk memungkinkan rekaman dapat disimpan pada hardisk komputer. Kamera CCTV analog umumnya menghasilkan video dengan resolusi PAL 768 × 576 piksel atau NTSC 720 × 480 piksel. 
  2. Kamera Network - jenis ini terdapat adaptor jaringan, power supply, CPU, encoder dan sensor gambar. Jenis IP camera dapat berupa kamera analog atau digital video yang memiliki alamat IP sehingga mampu menyiarkan video bahkan audio.Kamera jenis network ini memiliki resolusi VGA 640 × 480 piksel, SVGA 800 × 600 piksel atau quad-VGA 1280 × 960 piksel.

DVR (Digital Video Recorder)

Digital Video Recorder adalah salah satu perangkat elektronik yang digunakan camera CCTV untuk merekam gambar atau yang dikirim oleh camera, secara sederhana DVR ini adalah tempat menyimpan rekaman dari kamera CCTV karena langsung terhubung dengan media penyimpan/storage/harddisk (HDD, SSD, NAS, Cloud) khusus CCTV.

Ada 3 type DVR untuk CCTV, yaitu Stand Alone DVR, PC Card DVR dan NVR (Network Video Recorder). Untuk saat ini hampir semua DVR sudah suport atau mendukung kamera analog beresolusi HD, dengan pilihan jumlah channel /port untuk CCTV dengan koneksi BNC dan kabel Coaxial mulai dari 4ch,8ch dan 16ch.

Kabel Coaxial

Penggunaan kabel pada perangkat CCTV menggunakan kabel khusus jenis coaxial yang sudah dilengkapi dengan kabel power yang fungsinya untuk menghantar listrik ke perangkat kamera CCTV, disamping sebagai penghantar signal video dari kamera CCTV ke DVR, atau sebaliknya dari DVR ke monitor. Jenis kabel coaxial untuk CCTV diantaranya biasa disebut RG-6, RG-11 dan RG-59.

Konektor

Untuk menyambungkan kabel dengan kamera CCTV dan DVR diperlukan 2 jenis konektor khusus CCTV, yaitu konektor BNC (Bayonet Neill Concelman) sebagai kabel data atau penghubung dengan kamera CCTV dan DVR atau langsung ke monitor. Sedangkan konektor DC power CCTV dipakai untukuntuk perangkat instalasi kamera CCTV pada bagian power listrik DC menghubungkan ke adaptor atau power supply center-nya atau menyambungkan power dari adaptor central CCTVke kamera CCTV

Monitor

Untuk melihat atau memantau hasil rekaman CCTV tentu saja diperlukan sebuah monitor, meski saat ini sudah bisa memakai perangkat tablet dan smartphone. Untuk monitor Anda bisa menggunakan televisi, komputer atau monitor khusus CCTV jika kamera yang dipasang cukup banyak.

Itulah sedikit gambaran mengenai komponen atau perangkat CCTV, sebelum Anda memutuskan untuk memasang CCTV di rumah ada baiknya juga memperhatikan beberapa hal seperti menyesuaikan jenis CCTV dengan dana. Sesuaikan juga dengan lingkungan rumah, jika ruangan di rumah atau area cukup luas, pasang CCTV dengan sudut pandang yang luas.

Perhatikan juga lokasi pemasangannya karena ada CCTV yang tahan cuaca, termasuk panas matahari dan hujan, ada yang tidak. Ada pula CCTV yang dilengkapi kamera infra merah, sehingga tetap bisa menghasilkan gambar meski dalam keadaan tanpa cahaya. Jika Anda belum berpengalaman, sebaiknya menggunakan jasa pemasangan CCTV. Install juga aplikasi untuk memantau hasil rekaman CCTV melalui smartphone. 
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.