Situs Untuk Latihan Soal UN Berbasis Komputer 2019

Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) akan segera diterapkan menyeluruh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tahun 2019 khusus untuk jenjang SMA dan SMK sederajat, pelaksanaan UNBK ditargetkan mencapai 100 persen artinya Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan sudah diwajibkan.

Tempat Latihan Soal UN Berbasis Komputer Online


Secara singkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaanya saat ini, soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online.

Berikut ini adalah beberapa situs tempat latihan ujian Nasional atau Tryout UN Online yang bisa dicoba untuk para pelajar dan guru yang mungkin membutuhkan simulasi ujian nasional online:

Tryoutunonline

Situs ini menyediakan latihan soal UBK, UNBK, USBN, US, dan UN untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Kumpulan soal itu diambil dari tahun sebelumnya dengan jumlah soal beragam, ada yang berjumlah 11 soal hingga 20 soal setiap mata pelajaran. Ujian ini bisa di lakukan dari gadget yang terhubung dengan jaringan internet. Nantinya, setiap jawaban benar juga akan diberi penilaian. Sehingga, peserta latihan bisa mengetahui kemampuan dan hasil akhir ujian.

LatihanCNBT

Situs ini menyediakan Aplikasi UNB CBT gratis, soal latihan UNBK lengkap untuk semua mata pelajaran yang ada di Ujian Nasional. Simulasinya mirip dengan tes CBT sebenarnya dimana materi
mengacu pada kurikulum resmi di Sekolah. Aplikasi online bisa diakses kapan dan dimana saja, dan latihan bisa diulang-ulang sampai mahir.

PendidikanID

Pendidikan.id adalah situs pembelajaran dunia pendidikan dari PT. Mahoni Edukasi Digital. Situs ini menyediakan soal latihan UN untuk seluruh siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK. Keberagaman soal dapat dilihat dari jenis-jenis soal yang ada seperti Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), Ujian Kenaikan Kelas (UKK), dan juga soal-soal prediksi UN.

hiVAL Online

Situs ini dikelola oleh PT. Ide Hasama Indonesia. hiVAL Online adalah sebuah situs yang menghubungkan Siswa dengan Guru yang tepat di seluruh Indonesia untuk membantu siswa melakukan simulasi ujian nasional secara online, kelas online, dan pembelajaran digital. hiVAL menyediakan latihan soal seperti Ujian Nasional, Ujian Semester, Soal SBMPTN untuk semua jenjang (SD, SMP, dan SMA)

ILMCI

ILMCI Corporation yang merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam edukasi, teknologi informasi, kesehatan, agroindustri dan entrepreunership juga menyediakan latihan soal UN secara gratis. Prediksi dan Latihan Tryout ini ditujukan untuk siswa SD, SMP dan SMA. Siswa-siswi bisa belajar Tryout UN dimana saja dan kapanpun. Terdapat lebih dari 30.000 ribu soal dan pembahasan yang tentunya akan mempermudah siswa-siswi untuk memahami dan mendapat gambaran Ujian Nasional.

Youtube

Belajar UN baik SD SMP maupun SMA juga bisa melalui video di youtube sebagai contohnya adalah channel Farid Malaska yang membahas tentang soal soal berbagai tema maupun mata pelajaran, contohnya sebagai berikut


Selain situs diatas sebagai tempat belajar latihan soal Ujian Nasional online, tentu bisa mengunjungi situs resmi dari Kemdikbud yang bernama Rumah Belajar, disana disediakan Bank soal latihan, ulangan dan juga ujian.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.