Tips Mengatasi Flu Tanpa Obat Kimia

Saat awal pergantian musim dari panas ke hujan, cuaca di sekitar kita kadang tidak menentu. Bisa terasa panas lalu hujan turun bisa juga angin kencang lalu berubah menjadi dingin. Musim pancaroba seperti inilah banyak orang yang kemudian rawan terserang penyakit flu atau influenza.


Mengatasi Flu Tanpa Obat Kimia

Peyakit flu memang sering terjadi karena biasanya virus influenza (virus RNA dari famili Orthomyxoviridae) yang ditularkan melalui doplet ini bersahabat dengan cuaca seperti ini, ditambah daya tahan tubuh menurun seiring dengan cuaca yang panas dingin serta hembusan angin bisa membuat tubuh dalam kondisi labil. Oleh karena itu menjaga daya tahan tubuh sangat penting saat musim pancaroba.

Walaupun flu termasuk penyakit menular akut, yaitu cepat datang dan cepat hilang, namun jika tidak diobati tetap beresiko menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya seperti Pneumonia. Bagi Anda yang saat ini terserang flu ingin mengobatinya dengan cara alami alias tanpa obat kimia, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi flu.

Konsumsi Vitamin C

Konsumsi vitamin C dalam dosis besar dipercaya dapat membantu mengurangi lamanya pilek berlangsung. Akan tetapi, tingkat keberhasilanya berbeda-beda setiap orang. Dosis aman vitamin C tak lebih dari 1000-2000 mg per hari. Jika terlalu banyak bisa membuat sakit perut. Vitamin C dinilai sangat penting untuk pertumbuhan jaringan dan sebagai antioksidan. Namun suplemen vitamin C dosis tinggi sebaiknya dihindari saat hamil atau memiliki penyakit ginjal.

Makan Sup Ayam

Makan semangkok sup ayam hangat barangkali akan sangat membantu saat pilek. Penelitian juga membuktikan konsumsi kaldu ayam bisa membuat kesehatan tubuh lebih baik. Penelitian barat tersebut menunjukkan adanya efek makan sup ayam pada sel darah putih. Sup ayam dilaporkan bisa menghambat pergerakan neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang mendorong terjadinya infeksi. Jadi, makan sup ayam bisa membantu mengurangi gejala penyakit saluran pernapasan atas saat sedang terserang flu.

Menghirup Uap Teh Herbal

Secangkir teh panas dicampur lemon dan madu tak hanya bisa menghangatkan tubuh tapi bisa membantu mengurangi flu berat. Siapkan teh campuran dan sebelum meminumnya, Anda bisa menghirup uap dari teh panas itu untuk melegakan hidung yang tersumbat. Menghirup uap teh panas bermanfaat untuk merangsang silia atau folikel rambut di hidung untuk mengeluarkan kuman. Sementara lemon akan membantu mengencerkan lendir atau ingus, sedangkan madu sebagai antibakeri.

Dengan Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang dianjurkan seperti kunyit, karena tinggi akan kandungan anti bakteri dan anti inflamasi, sehingga hidung meler pun akan berhenti. Kayu manis juga merupakan obat alami yang efektif untuk mengobati pilek. Masukkan sejumput kayu manis ke dalam air madu hangat, minum pagi dan sore untuk menghentikan hidung meler. Selain kunyit dan kayu manis, Jahe juga bisa membuat tubuh hangat dan aman untuk wanita dan anak-anak jika dikonsumsi sebagai teh. Jahe juga mempunyai khasiat antivirus yang bisa membantu meredakan flu.

Istirahat dan Banyak Minum

Istirahat adalah hal yang paling penting untuk membantu pemulihan tubuh ketika flu, jadi tak perlu memaksakan diri untuk beraktivitas di luar ruangan jika sedang flu. Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting buat semua orang, pastikan minum cukup air putih dan hindari minuman bersoda atau manis saat sedang terkena serangan flu. Selain itu jangan lupa untuk perbanyak konsumsi buah dan sayur terutama brokoli karena efektif membantu tubuh tetap terhidrasi.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba dan untuk mencegah agar tidak terserang virus influenza, maka yang perlu dilakukan yaitu selalu menjaga kebersihan, pola hidup bersih dan sehat, selalu cuci tangan setelah melakukan aktifitas, dan jangan lupa untuk selalu mengoptimalkan ventilasi rumah untuk sirkulasi udara dan juga cahaya supaya terjaga dari virus influenza.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.