Jenis Produk atau Barang Untuk Online Store

Ingin memulai usaha bisnis online dengan berjualan barang, tentunya harus mengetahui jenis barang atau produk seperti apa yang bagus dan banyak dicari dan diminati oleh netizens (para pengguna Internet). Meskipun barang bisa diperjual belikan secara online, namun tidak semua jenis barang bagus untuk dijajakan di toko online, seperti contohnya "makanan siap saji" akan sulit menjangkau konsumen yang jaraknya luar kota, bisa basi ditengah jalan.

Jenis produk atau barang untuk jualan online

Baca juga: Tempat Terbaik Untuk Menjual Barang Secara Online

Berikut ini adalah beberapa kategori jenis barang yang sangat cocok dijual secara online, karena nilai penjualannya cukup tinggi di beberapa situs marketplace (pasar online) yang sudah cukup terkenal. Ini artinya barang atau produk tersebut juga banyak dicari oleh konsumen di Internet.

Convenience Goods

Secara umum jenis produk ini adalah barang yang dibutuhkan sehari-hari atau penting. Meskipun pada dasarnya barang jenis ini adalah untuk makanan, namun yang paling pas adalah produk Fashion. Selain dibutuhkan barang fashion tidak akan lekang oleh waktu, karena setiap zaman pasti mempunyai ciri khas atau trend fashion berbeda-beda. Ada banyak sekali kategori produk fashion yang bisa dijual secara online, contohnya seperti pakaian, hijab, sepatu, sandal dan lain-lain.

Barang lainnya yang masih masuk kategori Convenience Goods adalah produk kesehatan dan perawatan wajah serta obat-obatanJika punya produk herbal, cocok untuk dijual secara online, namun tentu saja menjual barang jenis obat tidak bisa sembarangan, harus mengantongi izin Badan POM terlebih dahulu.

Shopping Goods

Seperti nama istilahnya shopping berarti barang belanjaan yang biasa dijajakan ditoko offline. Kategori ini bisa menjadi penting bisa juga tidak. Contoh barang yang paling banyak terjual di toko online adalah jenis gadget. Jenis gadget banyak dibutuhkan, bahkan HP sekarang sudah masuk barang penting. Barang lainnya seperti komputer, laptop, notebook, kamera dan juga barang elektronik.

Menjual barang jenis ini memang sedikit susah, karena minimal harus punya nama atau brand terlebih dahulu, baru bisa mengembangkan dengan online store. Namun jika ingin menjual barang shopping goods, bisa mencobanya terlebih dahulu dengan sistem reseller atau dropship.

Specialty Goods

Barang spesial artinya barang eksklusif, unik dan bisa sangat mahal yang hanya bisa dimiliki segelintir orang saja contohnya seperti tas hermes atau jam rolex. Namun tidak semua jenis barang specialty goods itu harus mewah, jika Anda punya produk unik atau hasil karya sendiri / kerajinan tangan apapun itu selama original, asli buatan sendiri dan punya ciri khas unik, masih masuk kategori jenis ini, dan bisa dijual secara online.

Industrial Goods

Jika bicara barang jenis apa yang bisa dijual secara online untuk kategori industrial goods memang sedikit susah, karena jenis produk ini artinya barang yang bisa dipakai perusahaan untuk operasional menghasilkan barang dan atau jasa. Paling banyak dicari atau diminati adalah barang untuk campuran makanan atau minuman contohnya seperti madu murni, kopi dan bahan mentah lainnya. Sementara untuk bahan bangunan atau tekstil bisa dibuat toko online namun jarang peminatnya, karena umumnya untuk kategori barang ini lebih membeli secara offline.

Unsought Goods

Unsought bukan berarti tidak dibutuhkan, jenis barang ini bisa membludak pesanannya jika yang dijual adalah barang baru yang sangat dibutuhkan. Ada juga barang regular ada barang musiman contohnya seperti batu aki, pada saat booming para penjual batu cincin ini banyak yang meraup keuntungan secara online. Untuk menjual barang jenis unsought ini harus benar-benar jeli dan mengikuti trend terbaru yang berkembang, jika pas timing nya menjual barang unsought secara online bisa menguntungkan.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.