Produk Kopi Tradisional Terbaik Dari Indonesia

Siapa yang tidak kenal KOPI, biji hitam yang bisa diolah jadi minuman beraroma khas ini hampir disukai kebanyakan orang di dunia. Minum kopi bahkan jadi aktivitas menarik, penikmatnya tidak sekadar menyeruput kopi, tapi juga menjadi medium interaksi dan lainnya.

Ada beberapa negara penghasil produk kopi yang sudah terkenal di dunia, dan salah satunya adalah Indonesia. Negara ini tercatat merupakan negara produsen kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Peringkat tersebut kemungkinan dapat menjadi semakin baik mengingat masih banyaknya lahan di Indonesia yang berpotensi untuk diberdayakan sebagai lahan penghasil kopi.

Berikut ini adalah beberapa kopi tradisional terbaik dari Indonesia yang sudah mendunia dan diakui kualitasnya oleh para penikmat kopi

Kopi Gayo

Produk Kopi Tradisional Kopi Gayo

Kopi Gayo dihasilkan dari perkebunan rakyat di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Produksi kopi ini telah berkembang sejak tahun 1908. Kopi Gayo terkenal memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa, cita rasa kopi Gayo yang asli terdapat pada aromakopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit. Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa rasa kopi Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika.

Kopi Gayo sudah mendunia, hal itu dibuktikan dengan beberapa kali kopi gayo meraih penghargaan sebagai kopi terbaik dunia. Kopi ini juga masuk salah satu kopi termahal di dunia pada saat pameran kopi yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Oregon Convention Center, Portland, Amerika Serikat.

Kopi Sidikalang

Produk Kopi Tradisional Terbaik Dari Indonesia Sidikalang

Kopi Sidikalang adalah salah satu jenis kopi arabica dan robusta asli dari Indonesia yang juga mendunia, karena kopi ini memiliki cita rasa yang sangat kuat dan nikmat. Kopi Sidikalang memiliki aroma dan rasa yang khas. Aroma nya yang spicy dipadu dengan sweet caramel membuat Kopi Sidikalang begitu menggoda untuk diseruput. Dari segi rasa, kopi sidikalang memiliki perpaduan rasa antara fruity, dark chocolate, dan juga ada citrus note nya pada akhir mulut.

Kopi Sidikalang ini menjadi salah satu kopi yang memiliki kualitas tinggi, karena kopi ini ditanam di sebuah daerah pegunungan yang memiliki banyak mineral. Kopi ini tumbuh subur di dataran tinggi vulkanis di sebuah kabupaten Dairi, Sumatra.

Kopi Kintamani

Kopi Tradisional Kintamani Dari Indonesia

Kopi bali kintamani dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang ditanam didataran tinggi kintamani dengan ketinggian diatas 900 mdpl. Kawasan kintamani berada dilereng gunung berapi batur. Kopi ini memiliki citarasa yang khas yakni aroma citrus dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga banyak diminati oleh konsumen Internasional.

Selama bertahun-tahun ini rasa kopi bali kintamani memiliki tingkat keasaman reguler yang mencukupi, mutu dan intensitas aroma yang kuat, dengan aroma family buah jeruk (rasa jeruk dan jeruk nipis) dan kekentalan sedang.

Kopi Jawa

kopi jawa indonesia

Java Coffee atau Kopi Jawa ini juga merupakan kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia dan termasuk dalam jenis kopi Arabika. Kopi dengan rasa kuat, pekat, rasa kopi manis ini dikenal dengan kopi sejuta rasa yang khas rempah nusantara.

Aroma rempah yang lahir secara alami menjadikan kopi jawa ini diminati karena memiliki karakteristik yang berbeda. Sebagian besar kopi Jawa melalui proses giling basah. Itu jugalah yang membuat cita rasanya tidak terlalu kuat. Meski begitu kopi Jawa tetap diminati karena menurut beberapa ahli, tidak semua kopi nusantara mampu menghasikan kopi yang beraroma ‘rempah’.

Kopi Toraja

kopi hitam toraja

Kopi yang memiliki warna hitam pekat ini memiliki cita rasa tersendiri bagi pecinta kopi. Kopi Arabica Toraja lebih memiliki rasa yang manis dan lembut, sehingga rasa kopinya kuat dan tajam. Kopi Arabica lebih memunculkan aroma buah buahan dan manis. Kopi ini berwarna coklat tua, bentuk bijinya tidak teratur dan umumnya digoreng hingga warnanya gelap (dark roasted) sehingga rasanya agak kuat.

Kopi Toraja memiliki tekstur yang kental. Saat diseduh bubuk kopi ini akan langsung mengendap dibawah cangkir. Kopi ini memiliki keseimbangan antara rasa coklat hitam dan buah. Kopi ini akan terasa lebih nikmat jika meminumnya tanpa tambahan gula, karena kamu akan merasakan sensasi gurih dan segar ketika meminumnya.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.