Destinasi Wisata Kuliner Populer di Indonesia

Jalan-jalan bersama keluarga, pasangan atau sahabat/teman sambil menikmati makanan khas memang menyenangkan. Apalagi Indonesia terkenal kaya akan aneka makanan, hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas yang nikmat. Jadi tidak mengherankan kalau Kuliner masuk atau menjadi bagian produk wisata Indonesia bahkan makanan khas negeri kita sudah sangat terkenal di dunia seperti rendang, soto, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Sebelumnya perlu diketahui dulu tentang wisata kuliner, karena tidak hanya kegiatan membuat makanan atau masakan sedap saja, wisata kuliner lebih jelasnya adalah perjalanan yang memanfaatkan masakan serta suasana lingkungannya sebagai objek tujuan Wisata. Selain itu ada disiplin ilmu yang berkaitan dengan wisata kuliner, yaitu Gastronomi dimana kegiatannya bukan sekadar kuliner. Tapi lebih menekankan pada aktivitas menikmati makanan, disertai dengan pengalaman dan mempelajari sejarah dan budaya dari makanan itu sendiri.

Jika Anda adalah pecinta wisata kuliner, atau sekedar ingin mencicipi makanan-makanan khas yang super lezat, berikut ini adalah 5 Kota sebagai destinasi wisata kuliner di Indonesia yang sudah cukup terkenal dan diajukan sertifikasi ke pakar gastronomi dari UNWTO (The World Tourism Organization)

Kuliner Bandung

Destinasi Wisata Kuliner Populer di Indonesia

Kota kembang bandung sudah di kenal sebagai pusat kuliner nusantara sejak tahun 1941, hal ini dikarenakan Bandung memiliki jumlah rumah makan terbanyak di Indonesia. Bukan hanya dari golongan masyarakat pencinta kuliner saja yang sengaja datang ke Bandung akan tetapi banyak para tokoh nasional baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri yang menyempatkan diri datang ke Bandung untuk mencicipi makanan-makanan khas seperti Batagor, Martabak, Yamien, Tutug Oncom dan masih banyak lagi.

Kuliner Joglosemar

Destinasi Wisata Kuliner joglosemar

Destinasi kedua adalah akronim dari Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Ketiga kota ini masuk dalam destinasi wisata kuliner Nasional. Joglosemar terkenal sebagai pusat peradaban kuliner Jawa karena memiliki ragam kuliner yang sangat kaya. Berwisata kuliner di tiga kota inipun dijamin seru karena banyak makanan khas seperti asem-asem, bakmi toprak, gadon, nasi goreng sumsum, sambal tumpang, tengkleng, timlo Solo dan aneka kuliner lainnya dari tempat-tempat legendaris.

Kuliner Bali

Wisata Kuliner Bali

Selain ikon pariwisata Indonesia yang sudah cukup mendunia, Bali juga memiliki aneka kuliner yang bisa memanjakan lidah wisatawan. Pengunjung yang datang dapat berburu aneka hidangan lezat bercita rasa otentik dan tradisional dengan mudah ketika berlibur ke Bali. Beberapa makanan khas seperti ayam betutu, sate lilit, lawar kuwir, serombotan, tipat blayag dan aneka kuliner lainnya mudah ditemukan ditempat yang juga sudah sangat terkenal.

Kuliner Palembang

Destinasi Wisata Kuliner palembang

Bumi Sriwijaya punya beragam destinasi wisata kuliner yang layak dikunjungi. Keseriusan pemerintah setempat yang mengembangkan wisata kuliner terlihat dengan adanya Pusat Kuliner Perikanan Palembang di kawasan Museum Sultan Badaruddin II. Palembang juga memiliki aneka ragam kuliner khas seperti pempek, tekwan, martabak har, mie celor, model, lenggang, laksan dan masih banyak lagi.

Kuliner Medan

Destinasi Wisata Kuliner Medan

Untuk para pecinta masakan, Medan memang dikenal sebagai surga kuliner. Beragam kuliner yang sudah ada sejak puluhan tahun dan hingga saat ini terus menjadi makanan yang diburu. Selain sajian khas yang sudah legendaris seperti Bika Ambon, Medan punya banyak pilihan kuliner unik yang bisa memberikan sensasi berbeda saat menikmatinya, contohnya seperti lemang, arsik, manuk napinadar, mie gomak, bihun bebek dan masih banyak lagi makanan khas Sumatera.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.