Asupan Pangan Pokok Agar Gizi Seimbang dan Sehat

Makanan dan minuman adalah kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh manusia. Memperhatikan asupan pangan yang bergizi tentu sudah jadi keharusan setiap individu agar tetap dalam keadaan sehat dan bugar. Asupan pangan ini penting karena ditujukan agar kita tetap memenuhi gizi seimbang setiap kali makan. Unsur gizi yang terkandung didalamnya juga merupakan bagian dari Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan protein nabati 2-3 porsi, protein hewani 2-3 porsi, makanan pokok 3-8 porsi, sayuran 3-5 porsi, buah 3-5 porsi dan minum air mineral minimal 8 gelas. Oleh karenanya berikut ini adalah 5 unsur asupan pangan yang sebaiknya tetap dipenuhi, agar memenuhi aspek untuk kebutuhan gizi tersebut, sehingga tidak terjadi kelebihan atau kekurangan gizi.



Makanan Pokok

Makanan pokok (taple food) adalah makanan untuk sumber gizi dasar yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan pokok berbeda-beda sesuai dengan keadaan tempat dan budaya, tetapi biasanya berasal dari tanaman, baik dari serealia seperti beras, gandum, jagung, maupun umbi-umbian seperti kentang, ubi jalar, talas dan singkong.

Lauk Pauk

Makanan pokok biasanya tidak menyediakan keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, oleh karenanya biasanya makanan pokok dilengkapi dengan lauk pauk untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi seseorang dan mencegah kekurangan gizi. Kandungan lauk pauk biasanya ngandung protein tinggi seperti daging ayam, sapi, kambing, bebek, ikan, telur atau tahu tempe.

Sayuran

Sayuran dikonsumsi dengan cara yang sangat bermacam-macam, baik sebagai bagian dari menu utama maupun sebagai makanan sampingan. Kandungan nutrisi antara sayuran yang satu dan sayuran yang lain pun berbeda-beda, meski umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam. Beberapa jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, maupun zat anti racun.

Buah

Buah-buahan banyak mengandung vitamin dan zat giji lainnya yang diperlukan oleh tubuh, berperan untuk kesegaran dan kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi buah segar setiap hari seperti contohnya jeruk, mangga, pir, pisang, pepaya, alpukat dan lain-lain.

Air mineral

Sekitar 60-70% tubuh manusia terdiri dari air. Hal ini menunjukkan air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. setidaknya cukupi kebutuhan minum air mineral minimal 2 liter, atau lebih kurang 8 gelas per hari.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) silahkan download disini
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.