Hal Penting Yang Harus Diketahui Tentang P3K

Kecelakaan bisa terjadi sama siapa saja dan kapan saja waktunya. Oleh karena itu mengetahui langkah pertama dalam mengatasi kecelakaan sangat penting. Hal ini bertujuan agar supaya kita bsa meminimalisasi kejadian yang tidak diinginkan akibat kecelakaan tersebut.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Secara umum definisi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah usaha-usaha untuk menangani korban segera mungkin di tempat kejadian sebelum tenaga medis mengambil alih penanganan, macam-macam tindakan yang dilakukan dalam pertolongan pertama, seperti memindahkan korban pada tempat yang aman dan lapang untuk bisa memberikan pertolongan lebih lanjut kepada korban sewaktu mengalami kecelakaan.

Berikut ini adalah 5 hal penting dalam P3K

Menyiapkan Kotak P3K

Sedia payung sebelum hujan, pepatah ini sangat cocok dengan P3K, karena dengan demikian jika terjadi kecelakaan baik di rumah, kantor, sekolah, kampus atau yang lainnya, kita bisa segera mengambil tindakan pengobatan pertama. Isi kotak P3K seperti Kassa steril, Perban gulung, Plester rol atau Plester cepat, Sarung tangan lateks, Antiseptik (obat merah, betadine dan sejenisnya), Gunting serta Obat pribadi, jika diperlukan.

Tidak Panik Jika Terjadi Kecelakaan

Jika terjadi kecelakaan, berusahalah agar tetap tenang dan tidak panik. Langkah pertama perhatikan keadaan tempat di sekitar kecelakaan, apakah aman untuk memberikan pertolongan. Juga perhatikan keadaan penderita apakah ada perdarahan, ada luka, patah tulang, serta merasa sangat kesakitan atau bahkan dia pingsan.

Tenangkan Korban

Sebelum melakukan pertolongan buatlah korban merasa tenang agar kepanikannya tidak memperparah keadaan, sehingga diharapkan sanggup menumbuhkan perasaan besar hati pada diri korban. Katakan dan yakinkan pada korban bahwa semuanya akan menjadi baik dan segera dapat diatasi.

Segera Lakukan Tindakan Pertolongan

Kebiasaan orang kita itu jika ada kecelakaan khususnya kecelakaan di jalan selalu di lihat dulu atau dikerumuni tanpa melakukan tindakan! Itu salah besar karena korban yang mengalami kecelakaan harus segera mendapatkan pertolongan. Jika terjadi kecelakaan siapapun Anda segera lakukan pertolongan pertama.
  • Tetap tenang, jangan panik lakukan seperti langkah di atas yang sudah disebutkan.
  • Periksa pernafasan korban apakah korban masih dalam kondisi sadar atau tidak dengan menepuk atau menggerak-gerakkan pundaknya. Kalau tidak bernafas, periksa dan bersihkan jalan nafas jika perlu berikan pernafasan bantuan (A, B = Airway, Breathing management)
  • Periksa nadi/ denyut jantung korban. Kalau jantung berhenti, lakukan kompresi. Letakkan tumit salah satu tangan di tengah dada, letakkan tumit tangan lainnya di atas dengan jari-jari saling mengunci. Tekan dada dengan kedalaman empat hingga lima cm.

Hubungi Unit Pelayanan Kesehatan Terdekat

Jika terjadi kecelakaan berat seperti di jalan lakukan pertolongan pertama seperti di atas juga penanganan korban kecelakaan
  • Kalau ada perdarahan massif segera hentikan (C = Circulatory management), ambil kasa dan tekan untuk menghentikan perdarahan. Saat ada kotoran pada luka, cukup bersihkan dengan diusap dan jangan dicuci. 
  • Kalau ada fraktur (patah tulang lakukan pembidaian pada tulang yang patah). Jangan buru-buru memindahkan atau membawa ke klinik atau rumah sakit sebelum tulang yang patah dibidai, ambil kasa setebal kain lalu tekan untuk menghentikan perdarahan. Jika ada tulang yang terlepas keluar jangan dimasukkan karena bagian itu sudah terkena kotoran, jika dimasukkan bisa menyebabkan infeksi. Sebisa mungkin kirim korban ke RS dalam waktu kurang dari 12 jam.

Jika kecelakaan sangat parah atau Anda merasa tidak bisa melakukan hal-hal di atas, segera hubungi unit pelayanan kesehatan paling dekat.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.