5 Pola Atau Gaya Hidup Sehat Yang Bermanfaat

Kesehatan itu mahal harganya, karena ketika tubuh atau badan sehat, kita bisa melakukan berbagai kegiatan positif dan produktif yang menunjang kegiatan serta kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam arti yang lebih tepatnya lagi kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.

5 Pola Atau Gaya Hidup Sehat Yang Bermanfaat

Menerapkan dan membiasakan pola atau gaya hidup sehat adalah salah satu cara mencegah gangguan kesehatan. Cara ini tidak mahal, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja asal dengan konsisten dan teratur, bisa dipastikan hasilnya akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Menjaga Pola Makan

Makan dan minum adalah rutinitas sehari-hari yang jadi kebutuhan utama, karena tubuh memerlukan berbagai zat gizi agar semua organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar kita mempunyai pola makan yang sehat, antara lain:
  1. Jumlah makanan; Banyaknya makanan yang kita konsumsi harusnya seimbang antara jumlah makanan yang masuk dan energi yang kita keluarkan. Pengukuran yang paling mudah sebagai parameter apakah makanan yang kita konsumsi sudah cukup atau belum buat tubuh kita adalah berat badan.
  2. Jenis makanan; Jenis makanan yang kita konsumsi hendaknya mempunyai proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemaknya. Komposisi yang disarankan adalah 55-65% karbohidrat, 10-15% protein, 25-35%  lemak. Golongan karbohidrat yang biasa kita konsumsi antara lain nasi, roti, kentang, mie, bihun. Sedangkan golongan protein, dibagi dua macam, yaitu hewani dan nabati. Protein hewani contohnya daging, telur, susu, sedangkan yang nabati contohnya tahu, tempe, kacang-kacangan.
  3. Jadwal makan; Jadwal makan yang ideal dijalankan agar kita mempunyai pola makan yang baik adalah 5 sampai 6 kali sehari, yaitu sarapan pagi, snack, makan siang, snack sore, makan malam, dan bilamana perlu boleh ditambah dengan snack malam. Agar terhindar dari sakit maag sebaiknya kita mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering.

Menjaga Waktu Tidur

Selain dari makanan dan kegiatan sehari-hari, Tidurpun juga sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh. Apabila waktu tidur tidak teratur maka tubuhpun akan kurang maksimal, Fakta membuktikan bahwa ketika tubuh dalam keadaan kurang tidur maka sistem imun dalam tunbuh akan melemah, tensi darah menjadi tinggi, terasa sakit dikepala, sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, tidur yang teratur adalah minimal 6 jam dan maksimal 8 jam. Selain tidur malam, istirahat atau tidur siangpun juga dapat membuat tubuh menjadi bugar kembali setelah beraktivitas sebelumnya.

Berolahraga

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolestrol, mengurangi stres, membakar lemak, meningkatkan imunitas dan mencegah sakit, meningkatkan fungsi otak dan masih banyak lagi.. Berolahraga juga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh. Anda bisa mengatur jadwal olahraga seminggu sekali dengan teratur. Tidak perlu olahraga berat lakukan saja olahraga ringan seperti jalan kaki, lari, push up, senam atau bersepeda santai.

Menjaga Kebersihan

Konsep terjadinya suatu penyakit adalah Host, Agent dan Environtment. Memotong sumber penyakit dari ketiganya itu salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan. Manusia adalah Host, jadi menjaga kebersihan diri sendiri sangatlah penting untuk menghindari segala macam Agent penyakit yang bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh seperti jamur, bakteri, virus dan lainnya. Dan lingkungan adalah enviromentnya, biasakan membersihkan kamar tidur, kamar mandi juga halaman sekitar rumah agar terhindar dari segala macam penyakit.

Rekreasi dan Refresing

Ketika sudah melakukan dan menjaga pola hdup sehat secara rutin namun kegiatan sehari-hari sangatlah sibuk sampai menimbulkan tekanan hidup yang berat alias stress itu sama saja bohong, karena otak kita adalah salah satu sumber penyakit. Semakin stres pikiran semakin mudah terjangkit berbagai penyakit, jadi lakukan rekreasi saat ada waktu luang, lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat otak dan pikiran kita menjadi fresh kembali dan tentu saja itu disesuaikan dengan hobby atau kesukaan, namun ingat jangan melakukan kegiatan yang negatif seperti merokok atau minum alkohol.
,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.