Universitas Terbaik Dan Paling Populer di Indonesia

Ada banyak sekali universitas atau perguruan tinggi di Indonesia yang sudah cukup terkenal dan paling banyak diminati oleh para pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tak bisa dimungkiri bahwa peringkat universitas menjadi salah satu pertimbangan orang tua maupun calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi.

Umumnya, ranking universitas dinilai dari berbagai aspek, mulai dari prestasi lulusan, kerja sama institusi, fasilitas hingga kualitas dosen. Sistem pengukur atau pemberi penilaian terhadap kemajuan universitas atau perguruan tinggi tersebut juga dilihat dari popularitasnya pada masyarakat dalam memilih universitas.

Berikut ini adalah 5 Universtias terbaik dan paling populer yang diperoleh dari dari 4 sumber yaitu akreditasi Ban-PT, QS World University Rankings (QS), Times higher education (THE) dan Webometrics Ranking of World Universities QS World University Ranking 2016/2017.

Universitas Terbaik Dan Paling Populer di Indonesia

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia menempati ranking pertama dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2016-2017. Kampus yang identik dengan jas kuning ini merupakan universitas tertua di Indonesia yang sudah hadir sejak tahun 1849. Dalam daftar Universitas Terbaik di Dunia, UI menempati ranking 325, naik dari posisi tahun sebelumnya di peringkat 358. Adapun di daftar Universitas Terbaik di Asia 2016, UI menempati peringkat 67. Kampus UI berpusat di Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat. Perpustakaan UI dinilai sebagai salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia dengan kapasitas 1,5 juta buku.

Insititut Teknologi Bandung (ITB)

Insititut Teknologi Bandung (ITB) terletak di Bandung, Jawa Barat. Kampus Ganesha ini menempati ranking 401-410 di jajaran universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2016/2017. Adapun di level Asia, ITB menempati peringkat 86. Kampus ITB pada mulanya didirikan pada tahun 1920 sebagai bagian dari Delft Institute of Technology, Belanda. ITB banyak menghasilkan insinyur dan pakar-pakar perminyakan dan arsitektur hebat. Di jajaran sekolah teknik, ITB masuk di kelompok 300 terbaik di seluruh dunia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berlokasi di Yogyakarta ini juga merupakan salah satu universitas ternama di Indonesia. UGM yang juga sering dikenang sebagai Kampus Ndeso ini tercatat di peringkat 501-550 di daftar QS World University Rankings dan peringkat 105 di daftar universitas terbaik Asia. UGM berdiri sejak tahun 1949 dan menjadi universitas terbesar di Indonesia saat ini. Kampus yang berpusat di kawasan Bulaksumur ini menjadi tempat mencari ilmu kurang lebih 50.000 mahasiswa yang tersebar di 18 fakultas, termasuk 1.187 mahasiswa asing.

Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga biasa disebut dengan nama Unair, terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga secara resmi berdiri sejak tahun 1954. Namun, latar belakang kelahiran Unair sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 1847. Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda berniat mendirikan sekolah khusus kedokteran sehingga pada 2 Januari 1849, berdirilah NIAS atau Nederlandsxh Indische Artsen School sebagai sekolah pendidikan dokter di Surabaya, Jawa Timur. Sekolah inilah yang menjadi cikal bakal Universitas Airlangga. Saat ini, jumlah mahasiswa yang menuntut pendidikan di Unair kurang lebih 40.000 mahasiswa. Universitas Airlangga menempati peringkat 190 dalam daftar QS University Ranking di Asia.

Insititut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB) berdiri sejak 1 September 1963. Sekolah tinggi yang memiliki spesialisasi sebagai sekolah pertanian ini terlahir dari visi para pemimpin bangsa yang menilai Indonesia membutuhkan sekolah berkualitas yang mampu melahirkan para ahli di bidang pertanian, bioscience dan berbagai bidang keilmuan yang terkait. Sebelum resmi berdiri sebagai universitas yang mandiri, IPB adalah bagian dari Universitas Indonesia fakultas pertanian. Saat ini IPB memiliki 9 jurusan studi, 1 pascasarjana, sekolah bisnis dan program diploma. IPB menempati peringkat 191 universitas terbaik di Asia dan kelompok urutan 51-100 di jajaran perguruan tinggi di segmen pertanian dan kehutanan terbaik.,

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.